ilmu manajemen
A. Orientasi Pasar
Orientasi pasar bagi perusahaan merupakan suatu keharusan untuk bertahan hidup di lingkungan yang dinamis dan penuh dengan persaingan. Perusahaan pada kondisi intensitas persaingan yang tinggi sangat diperlukan strategi orientasi pasar, perusahaan dengan orientasi pasar yang minimum akan kalah bersaing dengan perusahaan pesaing. Contoh perusahaan yang menggunakan orientasi pasar yaitu Perusahaan Unilever, produk Unilever yang dipasarkan dengan orientasi pemasaran, antara lain Daia dan Rinso. Daia dan Rinso adalah dua detergen yang diproduksi oleh Unilever, akan tetapi keduanya memiliki segmentasi pasar yang berbeda, sehingga dengan menjual produk di dua segmen tersebut, pangsa pasar yang di raih juga akan semakin tinggi.
Tetapi ada juga perusahaan yang tidak menggunakan orientasi pasar seperti
Hp Cina, barang ini kebanyakan diproduksi dengan tingkat efisiensi produksi yang sangat tinggi, sehingga biaya dapat di tekan. Akibatnya, harga jual Hpcina menjadi sangat rendah dan harga tersebut digunakan untuk menarik konsumen.
Definisi dari CRM (Customer Relationship Management) dalam bahasa Indonesia
memiki pengertian dasar, yakni suatu Management Hubungan Pelanggan atau
merupakan suatu strategi pemasaran yang saat ini sangat banyak dilakukan oleh
perusahaan-perusaan yang menginginkan pelanggan atau konsumen mereka tetap
membeli produk atau memakai jasa mereka, dalam artian umum yakni adalah suatu
proses dari beberapa tahapan yang terdiri dari Indentifikasi, akuisisi, retensi
dan pengembangan customer yang memberikan kontribusi yang besar kepada
perusahaan dengan cara memfokuskan strateginya yaitu dengan cara menjaga
hubungan dengan customer secara efektif dan efisien sehingga
hubungan tersebut menjadi hubungan seumur hidup (“lifetime”) yang menguntungkan.
Berikut ini adalah 10 alasan utama mengapa perusahaan harus menerapkan aplikasi CRM:
1. Pengunaan CRM yang berhasil dapat memastikan bahwa perusahaan dijalankan dengan sistem dan digunakan dengan baik oleh para karyawan.
2. Informasi data kontak pelanggan yang merupakan aset terpenting dari setiap perusahaan dapat disimpan dengan aman untuk digunakan sebagai alat promosi di masa datang.
3. CRM memastikan pemanfaatan sumber daya yang efisien terutama mengenai hal tenaga kerja. Software CRM akan meminta pengguna untuk melakukan tindak lanjut dan mengirim lansiran secara otomatis disaat terjadi kejadian penting.
4. Aspek terpenting dari CRM adalah untuk mendapatkan bisnis yang berulang dari pelanggan lama dan akan mungkin terjadi jika pelanggan lama merasa senang. Pengguna CRM dapat memeriksa riwayat pesanan pelanggan untuk menilai pola pembelian dan mengidentifikasi peluang penjualan baru.
5. Kampanye pemasaran dan promosi adalah cara terbaik untuk menjangkau pelanggan Anda. Sistem CRM yang baik akan memiliki aplikasi manajemen kampanye untuk menjangkau pelanggan dengan produk baru, promosi/skema baru dll.
6. Untuk memastikan kepuasan pelanggan, penting untuk menerima feedback secara reguler. Dengan mekanisme feedback otomatis dari CRM, pengguna memiliki akses ke semua rincian hubungan yang mereka butuhkan untuk melayani permintaan pelanggan secara efisien.
7. Untuk perusahaan dengan banyak channel, sistem CRM bisa menjadi persyaratan wajib untuk dapat mengelola semua channel secara efektif dan menyelesaikan masalah channel dengan cepat.
8. Bagian pengadaan dan produksi akan sangat bergantung kepada perkiraan penjualan yang tepat. Sistem CRM yang bagus akan menyediakan perencanaan departemen dengan data yang dibutuhkan untuk mendasarkan produk dan perkiraan penjualan.
9. Sistem CRM dapat memastikan data diterima kapan saja dan dimana saja karena sebagian besar CRM sudah tersedia di cloud.
10. Manajemen dengan tim penjualan yang kompleks dan tersebar di beberapa lokasi sangat memerlukan CRM yang terintegrasi untuk pelaporan real time di semua tim supaya dapat mengambil keputusan yang cepat dan tepat.
Manajemen berasal dari bahasa inggris yaitu "Manage" yang berarti, mengurus, mengelola, mengendalikan, mengusahakan, memimpin.
Orientasi pasar bagi perusahaan merupakan suatu keharusan untuk bertahan hidup di lingkungan yang dinamis dan penuh dengan persaingan. Perusahaan pada kondisi intensitas persaingan yang tinggi sangat diperlukan strategi orientasi pasar, perusahaan dengan orientasi pasar yang minimum akan kalah bersaing dengan perusahaan pesaing. Contoh perusahaan yang menggunakan orientasi pasar yaitu Perusahaan Unilever, produk Unilever yang dipasarkan dengan orientasi pemasaran, antara lain Daia dan Rinso. Daia dan Rinso adalah dua detergen yang diproduksi oleh Unilever, akan tetapi keduanya memiliki segmentasi pasar yang berbeda, sehingga dengan menjual produk di dua segmen tersebut, pangsa pasar yang di raih juga akan semakin tinggi.
Tetapi ada juga perusahaan yang tidak menggunakan orientasi pasar seperti
Hp Cina, barang ini kebanyakan diproduksi dengan tingkat efisiensi produksi yang sangat tinggi, sehingga biaya dapat di tekan. Akibatnya, harga jual Hpcina menjadi sangat rendah dan harga tersebut digunakan untuk menarik konsumen.
B.
CRM ( Costumer Relationship Management)
CRM sendiri bukanlah sebuah konsep, melainkan sebuah perubahan
paradigma untuk perusahaan-perusahan dimana CRM itu adalah pola hidup
yang bertujuan untuk mengajak customernya menjadi partner dalam perusahaan
tersebut dan berkembang untuk mendapatkan keuntungan bersama. CRM adalah
strategi bisnis yang terdiri dari software dan layanan yang didesain untuk
meningkatkan keuntungan (profit), pendapatan (revenue) dan kepuasan pelanggan
(customer satisfaction). Caranya adalah dengan membantu berbagai bentuk
perusahaan untuk mengidentifikasi pelanggannya dengan tepat, memperoleh lebih
banyak pelanggan dengan lebih cepat, dan mempertahankan kesetiaan
pelanggannya.
1. Pengunaan CRM yang berhasil dapat memastikan bahwa perusahaan dijalankan dengan sistem dan digunakan dengan baik oleh para karyawan.
2. Informasi data kontak pelanggan yang merupakan aset terpenting dari setiap perusahaan dapat disimpan dengan aman untuk digunakan sebagai alat promosi di masa datang.
3. CRM memastikan pemanfaatan sumber daya yang efisien terutama mengenai hal tenaga kerja. Software CRM akan meminta pengguna untuk melakukan tindak lanjut dan mengirim lansiran secara otomatis disaat terjadi kejadian penting.
4. Aspek terpenting dari CRM adalah untuk mendapatkan bisnis yang berulang dari pelanggan lama dan akan mungkin terjadi jika pelanggan lama merasa senang. Pengguna CRM dapat memeriksa riwayat pesanan pelanggan untuk menilai pola pembelian dan mengidentifikasi peluang penjualan baru.
5. Kampanye pemasaran dan promosi adalah cara terbaik untuk menjangkau pelanggan Anda. Sistem CRM yang baik akan memiliki aplikasi manajemen kampanye untuk menjangkau pelanggan dengan produk baru, promosi/skema baru dll.
6. Untuk memastikan kepuasan pelanggan, penting untuk menerima feedback secara reguler. Dengan mekanisme feedback otomatis dari CRM, pengguna memiliki akses ke semua rincian hubungan yang mereka butuhkan untuk melayani permintaan pelanggan secara efisien.
7. Untuk perusahaan dengan banyak channel, sistem CRM bisa menjadi persyaratan wajib untuk dapat mengelola semua channel secara efektif dan menyelesaikan masalah channel dengan cepat.
8. Bagian pengadaan dan produksi akan sangat bergantung kepada perkiraan penjualan yang tepat. Sistem CRM yang bagus akan menyediakan perencanaan departemen dengan data yang dibutuhkan untuk mendasarkan produk dan perkiraan penjualan.
9. Sistem CRM dapat memastikan data diterima kapan saja dan dimana saja karena sebagian besar CRM sudah tersedia di cloud.
10. Manajemen dengan tim penjualan yang kompleks dan tersebar di beberapa lokasi sangat memerlukan CRM yang terintegrasi untuk pelaporan real time di semua tim supaya dapat mengambil keputusan yang cepat dan tepat.
C. Ilmu Manajemen
Manajemen berasal dari bahasa inggris yaitu "Manage" yang berarti, mengurus, mengelola, mengendalikan, mengusahakan, memimpin.
Manajemen mempengaruhi seluruh fase
organisasi, seperti manejer pabrik melakukan oprasi pabrik untuk
menghasilkan pakaian, makanan,dan kendraan/mobil. Manejer penjualan
mempertahankan tingkat penjualannya, manejar personalia melingkupi
organisasi dengan angkatan kerja yang produktif kompoten.ini menunjukan
bahwa dengan kekuatan yang ada manejer mamapu memimpin organisasi
sebagai sebuah kebutuhan hidup. Kebutuhan-kebutuhan hidup kita dipenuhi
sebagian besar dalam organisasi.
Keberadaan manajemen dalam kehidupan ini
sangatlah penting. Tidak berlebihan kiranya apabila dikatakan bahwah
tanpa manajemen ,maka kita akan menghadapi kesulitan dalam mencapai
tujuan secara efektif dan efisien.Dengan demikian beberapa hal dibawah
ini merupakan alas an pentingnya manajemen.
source
Comments
Post a Comment